PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (JIGSAW)
Tanggal: 08 Mar 2005
Laporan: Y U S U F
 
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMU/MA yang bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan (2) Mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi melalui penerapan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap Pengembangan Perangkat, dan (2) Tahap Pembelajaran Nyata. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Materi Ajar, Rencana Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Tes Hasil Belajar.

Oleh:
Y U S U F
NIM. 01725132
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS
Agustus, 2003

DAFTAR ISI

JUDUL i
PENGESAHAN ii
MOTO DAN PERSEMBAHAN iii
KATA PENGANTAR iv
ABSTRAK v
DAFTAR ISI vi
DAFTAR TABEL ix
DAFTAR GAMBAR xi
DAFTAR LAMPIRAN xii


BAB I: PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 1
B. Perumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian 11
C. Tujuan Penelitian 12
D. Asumsi dan Keterbatasan 13
E. Manfaat Penelitian 14
F. Penjelasan Istilah 14

BAB II: KAJIAN PUSTAKA

A. Hakikat IPA Biologi dan Pengajarannya 15
B. Teori Konstruktivis dalam Pembelajaran IPA 17
1. Teori Perkembangan Kognitif Piaget 18
2. Teori Perkembangan Fungsi Mental Vygotsky 20
C. Prinsip-prinsip Belajar Konstruktivis 22
D. Pembelajaran Kooperatif 23
1. Pengertian Pembelajaran Kooperatif 23
2. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif 25
3 Tujuan Pembelajaran Kooperatif 26
4. Keterampilan Kooperatif 27
5. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif 29
6. Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif 31
E. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 35
F. Pokok Bahasan Aksi Interaksi 38
G. Penelitian-penelitian yang Relevan 41
H. Kerangka Berpikir 43

BAB III: METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian 46
B. Subjek Penelitian 46
C. Waktu Penelitian 47
D. Variabel dan Definisi Operasional Variabel 47
E. Prosedur Penelitian 49
1. Tahap Pengembangan Perangkat 49
1) Analisis kebutuhan belajar dan tujuan pengajaran 51
2) Analisis karakterisitik siswa 52
3) Analisis tugas 53
4) Urut-urutan konsep 60
5) Merumuskan tujuan pembelajaran 61
6) Strategi kegiatan belajar-mengajar 64
7) Memilih media untuk mendukung kegiatan pengajaran 66
8) Memilih layanan penunjang 67
9) Penyusunan instrumen evaluasi 68
10) Revisi perangkat pembelajaran 70
2. Tahap Pembelajaran Nyata (Ujicoba II) 72
F. Instrumen Penelitian 74
G. Teknik Analisis Data 76

BAB IV: HASIL PENELITIAN

A. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Impelementasinya 84
B. Hasil Analisis Reliabilitas Instrumen Pengamatan Berdasarkan Ujicoba I 95
C. Hasil Observasi dan Analisis Implementasi Perangkat Pembelajaran 96
D. Hasil Analisis Tes Hasil Belajar Siswa 108
E. Hasil Analisis Respon Siswa Terhadap Perangkat Pembelajaran dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 112
F. Hasil Analisis Kesan Guru Terhadap Perangkat Pembelajaran dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 114

BAB V : DISKUSI HASIL PENELITIAN
A. Kualitas Proses Belajar Mengajar 116
1. Kemampuan Guru Mitra dalam Mengelola Pembelajaran 116
2. Aktivitas Guru dan Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar 117
3. Keterampilan Kooperatif Siswa 119
4. Respon Siswa terhadap Perangkat dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 120
5. Kesan guru terhadap Perangkat dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 122
B. Kualitas Hasil Belajar Siswa 123
1. Hasil Belajar Produk 123
2. Tes Hasil Belajar Proses 124

BAB VI: PENUTUP
A. Simpulan 126
B. Saran 128

LAMPIRAN LAMPIRAN
Pengelolaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (01)
Pengelolaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (02)
Frekuensi aktivitas guru dalam pembelajaran (01)
Frekuensi aktivitas guru dalam pembelajaran (02)
Frekuensi aktivitas guru dalam pembelajaran (03)
Frekuensi aktivitas siswa dalam pembelajaran (01)
Frekuensi aktivitas siswa dalam pembelajaran (02)
Frekuensi keterampilan kooperatif siswa (01)
Matriks ketercapaian TPK, dan sensitivitas butir THB produk Ujicoba II (01)
Matriks ketercapaian TPK, dan sensitivitas butir THB produk Ujicoba II (02)
Frekuensi dan persentase respon siswa
Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan diimplementasikan pada kegiatan Ujicoba II (Pembelajaran Nyata 01)
Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan diimplementasikan pada kegiatan Ujicoba II (Pembelajaran Nyata 02)
Instrumen Penelitian
Grafik
 
 
   
 
>> Analisis Pola Konsumsi Keluarga di Kecamatan Tallo Kota Makassar
>> ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KOMPETENSI PADA SISWA SLTP
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online