Tesis & Disertasi mengenai TASKIN dan PSDM di Internet
Tanggal: 03 May 2005
Laporan: Donni
 
I. LATAR BELAKANG
Selama lima tahun terakhir ini, Yayasan Damandiri, dalam usaha untuk membantu pemberdayaan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan, telah bekerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi dalam membantu para mahasiswa, khususnya anak keluarga kurang mampu, memperingan beban menghadapi pendidikan dan menyelesaikan studi di perguruan tinggi pilihan mereka. Bantuan itu berupa dana untuk menempuh ujian seleksi memasuki perguruan tinggi, memperingan beban pembayaran SPP dan atau untuk memenuhi kebutuhan akademis lain yang dianggap perlu.
Dari pengalaman kerjasama itu diketahui bahwa pada saat tahun akademis yang terakhir, umumnya pada semester ke-3 bagi mahasiswa S2, atau pada saat mahasiswa program doktor menyelesaikan disertasi, beban yang harus dipikul para mahasiswa tersebut bertambah berat. Mereka harus menyelesaikan pene- litian, studi laboraturium atau tugas lain yang menjadi kewajiban sebelum seorang mahasiswa dinyatakan memenuhi syarat menempuh ujian tesis atau disertasi.
Untuk melakukan penelitian, menulis tesis atau disertasi, mahasiswa harus mencari gagasan segar untuk diambil sebagai obyek studi. Pemilihan obyek yang tepat akan menolong mahasiswa yang bersangkutan untuk menyelesaikan studi tersebut dengan hasil yang memuaskan. Di samping itu, dengan arahan yang tepat obyek Tesis atau Disertasi dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besar kesejahteraan rakyat banyak.
Untuk membantu sekaligus merangsang penelitian dan penulisan tesis atau disertasi yang berhubungan dengan upaya pengentasan kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia (PSDM), Yayasan Damandiri mengembangkan program bantuan yang disebut dengan nama Bantuan Penelitian Damandiri (BANTU MANDIRI). Dengan bantuan itu diharapkan para mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akademik dengan lancar.
Di samping itu Yayasan Damandiri, yang selama ini telah bekerjasama dengan berbagai lembaga lain membantu masyarakat dalam mengembangkan pemberdayaan sumber daya manusia dan mengentaskan kemiskinan, sangat menyadari masih sedikitnya hasil studi yang berhubungan dengan topik tersebut. Kalau ada hasil studi yang menarik, pada umumnya tersimpan rapi di perpustakaan lembaga yang bersangkutan. Untuk mendapatkan manfaat dari kumpulan hasil studi yang menarik itu Yayasan Damandiri ingin sekali membantu khalayak yang berkepentingan melalui Situs Yayasan Damandiri dengan nama http://www.gemari.or.id.
Dengan tujuan itu, para mahasiswa yang mengikuti program ini disyaratkan untuk memberikan ijin bahwa hasil penelitian mereka bisa disajikan dalam Situs Web yang dikelola oleh Yayasan Damandiri tersebut untuk dimanfaatkan khalayak yang luas.

II. TUJUAN
Menghasilkan mahasiswa yang peduli terhadap penyelesaian masalah kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia (PSDM)
Meningkatkan kemampuan dan mutu akademik program pascasarjana
Meningkatkan mutu penelitian mahasiswa di berbagai perguruan tinggi
Membantu khalayak ramai memperoleh manfaat dari hasil penelitian yangbermutu


III. LUARAN
Sarjana yang peduli terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan daya manusia
Tulisan inovatif berupa tesis atau disertasi dengan tema yang relevan dengan upaya pengentasan kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna
Terjalinnya kerjasama peneliti antar disiplin ilmu dan kelembagaan.
Peningkatan kemampuan dan mutu pendidikan perguruan tinggi
Peningkatan mutu pengembangan sumber daya manusia dan upaya engentasan kemiskinan

IV. RUANG LINGKUP
Bidang Penelitian
Teknologi terapan, ilmu-ilmu sosial, kemandirian, pengembangan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan.
Lama Penelitian
Sesuai jadwal menurut tingkatan perguruan tingginya.

V. PESERTA
Mahasiswa Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang memenuhi syarat akademis dan mendapat rekomendasi dari Pimpinan Perguruan Tinggi
Mempunyai minat sesuai dengan topik yang disebut di atas
Memberi ijin hasil penelitian, tesis atau disertasi dimanfaatkan oleh khalayak luas untuk kepentingan umum

VI. PEDOMAN PENYUSUNAN USULAN
Materi Usulan
Usulan penelitian disusun dengan garis besar sebagai berikut:
Pendahuluan (latar belakang dan tujuan penelitian)
Hasil yang diharapkan
Tinjauan Pustaka
Metode Penelitian
Anggaran Biaya
Daftar Pustaka

Persetujuan dosen pembimbing
Usulan penelitian untuk Tesis atau Disertasi kalau sudah disetujui oleh dosen pembimbing dan diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi, atau Pimpinan Program Pascasarjana yang bersangkutan dapat dikirim kepada Yayasan Damandiri untuk dipertimbangkan dukungan bantuan dana penelitian.

VII. TATA CARA PENGAJUAN USULAN
Mahasiswa yang bersangkutan mengirim 3 (tiga) eksemplar usulan penelitian yang telah disetujui pembimbing secara langsung kepada Yayasan Damandiri di Jakarta dengan alamat tersebut dibawah ini:
Yayasan Damandiri
Gedung Granadi, Lantai 4
Jl. H.R. Rasuna Said
B I ok X - 1 Ka v. 8 - 9
Kuningan
Jakarta 12950

Telpon (021) 2524981, 2524985,
Fax (021) 2524980

VIII. MEKANISME SELEKSI DAN PUTUSAN YAYASAN
Usulan yang sampai pada Yayasan Damandiri akan dinilai oleh suatu Tim seleksi atas dasar kriteria yang ditentukan, yaitu relevansi terhadap topik yang ditentukan, sumbangannya terhadap pengembangan ilmu dan manfaatnya untuk masyarakat luas.
Usulan yang lulus seleksi akan dipilih oleh Yayasan Damandiri sesuai dengan ketersediaan anggaran untuk tahun yang bersangkutan. Apabila anggaran telah terserap habis, usulan yang lulus seleksi itu bisa dipertimbangkan untuk tahun berikutnya.
Putusan Yayasan Damandiri akan diumumkan setiap bulan secara langsung kepada para pengirim usulan dengan tembusan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi yang bersangkutan dan Bank yang ditunjuk untuk menyalurkan dana bantuan Yayasan. Putusan Yayasan dianggap final dan tidak diadakan surat menyurat tentang keabsahan putusan tersebut.

IX. PENGHARGAAN DAN KEWAJIBAN
Dengan membawa surat persetujuan resmi dari Yayasan Damandiri, mahasiswa yang bersangkutan menghubungi Bank yang ditunjuk untuk mendapatkan buku tabungan dengan isian 50 % dari dana yang diberikan. Jumlah dana yang diberikan untuk Bantuan Penelitian Damandiri (BANTUMANDIRI) ini dibedakan dalam tingkat mahasiswa sebagai berikut:
Untuk Tesis S2 besar dana yang disediakan Rp. 2.000.000,-
Untuk Disertasi S3 besar dana yang disediakan Rp. 2.500.000,-

Sisa dana yang 50 % lagi akan diberikan melalui buku tabungan yang bersangkutan setelah mahasiswa tersebut dinyatakan lulus ujian tesis atau disertasi, dan setelah menyerahkan beberapa dokumen tersebut langsung kepada Yayasan Damandiri berupa:

1. Satu copy Tesis atau Disertasi lengkap yang telah disempurnakan
2. Satu copy disket atau CD Rom Tesis atau Disertasi lengkap dengan ijin untuk
dimasukkan (ditampilkan) dalam Web yang dikelola oleh Yayasan Damandiri
3. Ijin tertulis bahwa Tesis atau Disertasi itu boleh dimanfaatkan oleh para pengguna
Web yang dikelola Yayasan Damandiri.

Sesuai dengan ijin dari setiap mahasiswa yang bersangkutan, Tesis atau Disertasi yang dianggap relevan akan ditampilkan dalam Situs Web yang dikelola oleh Yayasan Damandiri agar bisa dimanfaatkan oleh khalayak yang luas untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat.

X. SURAT MENYURAT
Surat menyurat tentang program ini hendaknya ditujukan kepada Sekretariat Yayasan Dana Sejahtera Mandiri dengan alamat:
Yayasan Damandiri
Gedung Granadi, Lantai 4
Jl. H.R. Rasuna Said
Blok X -1 Kav. 8-9
Kuningan
Jakar ta12950

Telpon (021) 2524981, 2524985
Fax (021) 2524980
 
 
   
 
>> PROGRAM PENGEMBANGAN REMAJA MANDIRI MELALUI SEKOLAH UNGGUL
>> LOMBA KUALITAS SMA UNTUK MENJADI UNGGUL
>> PENGEMBANGAN MODEL PEMBANGUNAN BERWAWASAN PENDUDUK
>> PROGRAM BANTUAN BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/SMK/MA DAN BANTUAN BAGI MAHASISWA PTN
>> PETUNJUK PELAKSANAAN PENYALURAN KREDIT BIDAN MANDIRI
>> PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA MELALUI GERAKAN SADAR MENABUNG
>> TESIS & DISERTASI MENGENAI TASKIN dan PSDM di Internet
>> PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR KAMPUS (PMSK)
>> PEMBINAAN USAHA KELUARGA MANDIRI (PUNDI)
>> PETUNJUK PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN BELAJAR MANDIRI (BBM)
>> BEA BELAJAR USAHA MANDIRI (BBUM)
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online