PENGARUH MOTIVASI KERJA APARAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN CIVIL
Tanggal: 21 May 2007
Laporan: MADE KAREPESINA
 
Penelitian ini difokuskan pada upaya mengungkapkan pengaruh motivasi kerja aparat terhadap kualitas layanan civil, studi mengenai pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara. Secara operasional variabel penelitian dielaborasi dalam beberapa dimensi dan indikator. Variabel motivasi kerja aparat dielaborasi kedalam tiga dimensi, yaitu: motif, pengharapan, dan insentif. Variabel kualitas layanan civil dielaborasi kedalam empat dimensi, yaitu: kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan.
Desain penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner sebagai instrumen utama dan didukung oleh studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis jalur (path analysis).


Oleh
MADE KAREPESINA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS PADJADJARAN
BANDUNG
2007

Cover
LEMBAR PERSETUJUAN
ABSTRAK
ABSTRACK
KATA PENGANTAR


BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Penelitian
Di bentuknya suatu pemerintahan, pada hakekatnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintahan tidaklah dibentuk untuk melayani diri sendiri tetapi untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap individu dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya untuk tujuan bersama. Pemerintah merupakan manifestasi dari kehendak rakyat, karena itu harus memperhatikan kepentingan rakyat dan melaksanakan fungsi rakyat melalui proses dan mekanisme pemerintahan. Pemerintah, memiliki peran untuk melaksanakan fungsi pelayanan dan pengaturan warga negara. Untuk mengimplementasikan fungsi tersebut, pemerintah melakukan aktivitas pelayanan, pengaturan, pembinaan, koordinasi dan pembangunan dalam berbagai bidang. Layanan itu sendiri disediakan pada berbagai lembaga atau institusi pemerintah dengan aparat sebagai pemberi layanan secara langsung kepada masyarakat.

1.2. Identifikasi dan Rumusan Masalah
1.2.1. Identifikasi Masalah
1.2.2. Perumusan Masalah
1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian.
1.3.1. Maksud Penelitian
1.3.2. Tujuan Penelitian
1.4. Kegunaan Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS
2.1. Kajian Pustaka
2.1.1. Motivasi Kerja Aparat
2.1.1.1. Konsep Motivasi Kerja
Untuk mengetahui lebih luas tentang masalah motivasi, berikut ini akan dikemukakan beberapa pengertian tentang motivasi. Motivasi dapat ditafsirkan dan diartikan berbeda oleh setiap orang sesuai dengan tempat dan situasi dari masing-masing orang itu serta disesuaikan dengan perkembangan peradaban manusia. Namun ditinjau dari aspek taksonomi, motivasi berasal dari bahasa latin yaitu ˇ§movereˇ¨ yang artinya bergerak. Menurut Winardi, (2001 : 1), istilah motivasi berasal dari perkataan bahasa latin, yakni movere yang berarti ˇ§menggerakkanˇ¨ (to move). Dengan demikian secara etimologi, motivasi berkaitan dengan hal-hal yang mendorong atau menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu. Harold Koontz dan Heinz Weihrich, (1988 : 411) juga mengemukakan pendapatnya tentang motivasi sebagai berikut :

Motivation is a general trem applying to the entire class of drives, desire, needs, wishes and similar forces. To say thad managers motivate theirsubordinates is to say thad they do those things which they hope will satisfy these drives and desires and induce the subordinates to act in a desired manner.

Yang terjemahannya: Motivasi adalah suatu pengertian umum yang menggunakan seluruh klas tentang dorongan, keinginan, kebutuhan, harapan dan kekuatan-kekuatan sejenisnya. Untuk mengatakan bahwa para manajer memotivasi bawahan mereka adalah dengan mengatakan bahwa mereka mengerjakan hal-hal yang mereka harapkan akan memuaskan dorongan dan keinginan ini dan mendorong bawahan untuk bertindak dengan suatu cara yang diinginkan.

2.1.2 . Dimensi Motivasi Kerja Aparat
2.1.2.1. Dimensi Motif
2.1.2.2. Dimensi Pengharapan
2.1.2.3. Dimensi Insentif
2.1.3. Kualitas layanan Civil
2.1.3.1. Konsep Pelayanan
2.1.3.2. Jasa Publik dan Layanan Civil .
2.1.3.3. Kualitas Layanan
2.1.4. Dimensi Kualitas Layanan Civil
2.1.4.1. Dimensi Kecepatan
2.1.4.2. Dimensi Ketepatan
2.1.4.3. Dimensi Kemudahan
2.1.4.4. Dimensi Keadilan
2.1.5. Kajian Tesis Terdahulu
2.2. Kerangka Pemikiran
2.3. Hipotesis

BAB III OBJEK DAN METODE PENELITIAN
3.1. Objek Penelitian
Penelitian ini adalah dalam rangka penyusunan tesis Program Magister Ilmu-Ilmu Sosial Bidang kajian Utama Ilmu Pemerintahan sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studi dengan pembiayaan oleh peneliti. Disamping itu, peneliti menggunakan alat yang diperlukan atau logistik seperti alat perekam alat tulis, kamera foto dan laptop.
Tempat penelitian adalah di Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara. Penelitian atau penentuan lokasi penelitian ini, berdasarkan pertimbangan bahwa Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat dipandang relatif memiliki tingkat mobilitas, dinamika dan perkembangan kehidupan masyarakat yang cukup kompleks dan dinamis, dimana pelayanan kartu tanda penduduk merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat guna terwujudnya misi pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan dan kemitraan masyarakat menuju terciptanya data dan informasi yang akurat. Jadwal penelitian ini adalah Oktober s/d November 2005.

3.2. Metode Penelitian
3.2.1. Variabel Penelitian
3.2.2. Definisi Konsep
3.2.3. Operasional Variabel
3.2.4. Unit Analisis, Populasi, Sampel dan Responden
3.2.4.1. Unit Analisis
3.2.4.2. Populasi
3.2.4.3. Sampel
3.2.4.4. Responden
3.2.5. Teknik Pengumpulan Data
3.2.6. Instrumen Penelitian
3.2.7. Metode Analisis
3.2.8. Lokasi Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil Penelitian
4.1.1. Deskripsi Lokasi Penelitian
Secara administratif, wilayah Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara yang secara geografis terletak diantara 1„a LU - 3„a LU, dan 125„a BT - 128„a BT. Dengan memiliki luas 2.612,24 Km2. Wilayah Kabupaten Halmahera Barat memiliki 5 kecamatan dan 133 desa. Karena letaknya di sekitar garis khatulistiwa, Kabupaten Halmahera Barat beriklim tropis dengan suhu rata-rata 28,05„aC dan kelembaban 73-82%, serta curah hujan 1500 mm/tahun.

4.1.2. Kondisi Penduduk
4.1.3. Gambaran Umum Objek Penelitian
4.1.3.1. Struktur Organisasi Kantor Camat Jailolo dan Sahu
4.1.3.2. Keadaan Pegawai
4.1.3.3. Pendidikan dan Pelatihan Pegawai
4.1.3.4. Jenis Layanan Kartu Tanda Penduduk
4.1.4. Karakteristik Responden
4.1.5. Uji Statistik
4.1.6. Analaisis Data Hasil Penelitian
4.1.6.1. Analisis Variabel Motivasi Kerja Aparat
4.1.6.2. Analisis Variabel Kualitas Layanan Civil
4.1.7. Hasil Uji Coba Alat Ukur
4.1.8. Uji Hipotesis
4.1.8.1. Analisis Koefisien Jalur
4.1.8.2. Koefisien Determinasi
4.1.8.3. Uji Signifikan
4.2. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dituangkan dalan tulisan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis merumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut :
Motivasi kerja aparat yang dikaji berdasarkan aspek motif, pengharapan dan insentif memiliki hubungan yang erat dengan kualitas layanan civil. Disamping memiliki hubungan, motivasi kerja juga mempengaruhi kualitas layanan civil. Dengan demikian maka baik buruknya kualitas layanan civil pada Kecamatan Jailolo dan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat tergantung kepada baik buruknya motivasi kerja aparatnya.

5.2. Saran
Untuk meningkatkan daya dukung motivasi kerja aparat bagi upaya peningkatan kualitas civil, maka berdasarkan data yang terungkap dalam hasil penelitian, penulis menyarankan sebagai berikut :
1. Motivasi kerja aparat perlu ditingkatkan dengan memperhatikan berbagai aspek, antara lain aspek intrinsik berupa meresponi perilaku aparat, membina komunikasi yang baik antara pimpinan dengan staf, maupun antara sesama staf itu sendiri, dan aspek ekstrinsik berupa memperhatikan aparat dari segi finansial, menghargai hasil kerja mereka dengan memberikan penghargaan, juga diperhatikan fasilitas yang mendukung proses kerja di bidang layanan civil serta diperhatikan lingkungan kerja mereka baik dari segi keamanan, kenyamanan sehingga semuanya itu dapat menjadi suatu dorongan bagi aparat melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
LAMPIRAN 4
LAMPIRAN 5
LAMPIRAN 6
LAMPIRAN 7
LAMPIRAN 8
 
 
   
 
>> ANALISIS EKONOMI MANFAAT EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI PULAU TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA
>> PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN HUTAN LINDUNG JOMPI KABUPATEN MUNA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA
>> PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN DAN KINERJA BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMODITAS TEH OLEH KONSUMEN RUMAH TANGGA DI PROVINSI JAWA BARAT
>> MODEL PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA TERPADU BAGI PETANI SEBAGAI UPAYA ALIH KOMODITAS
>> EVALUASI MUTU DAN NILAI GIZI NUGGET DAGING MERAH IKAN TUNA (Thunnus sp) YANG DIBERI PERLAKUAN TITANIUM DIOKSIDA
>> EKSTRAKSI VANILI SECARA ENZIMATIK DARI BUAH VANILI (Vanilla planifolia ANDREWS) SEGAR
>> PENGARUH SYSTEM PENYAMPAIAN JASA TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DI SUMATERA BARAT
>> Optimasi Pengembang Usaha Perikanan Mini Purse Seine di Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan
>> Analisis Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau di Kota Pekanbaru
>> Karakteristik Karaginan Rumput Laut eucheuma cottonii Pada Berbagai Umur Panen, Konsentrasi Koh dan Lama Ekstraksi
>> AGED CARE IN SURABAYA
A Case Study Of Best Practices In Care For Old Aged
>> FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN ORANG LANJUT USIA (Studi Kasus di Kelurahan Jambangan)
>> PENDEKATAN AKUSTIK DALAM STUDI TINGKAH LAKU IKAN PADA PROSES PENANGKAPAN DENGAN ALAT BANTU CAHAYA (THE ACOUSTIC APPROACH TO FISH BEHAVIOUR STUDY IN CAPTURE PROCESS WITH LIGHT ATTRACTION)
>> ANALISIS DIMENSI PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN BANK SYARIAH MANDIRI DI WILAYAH JAWA TIMUR
>> PEMBERDAYAAN SEKTOR INFORMAL : STUDI TENTANG PENGELOLAAN PEDAGANG KAKI LIMA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENERIMAAN PAD DI KOTA MANADO
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online