KONTRIBUSI MOTIVASI DAN IKLIM KOMUNIKASI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN
Tanggal: 15 Dec 2008
Laporan: SRI SUPENI KAPTI
 
Penelitian ini dilatarbelakangi tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya, maka perlu motivasi dan iklim komunikasi kelas. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan motivasi, iklim komunikasi dalam kelas, dan hasil belajar peserta didik. Sedangkan tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penulisan makalah ini adalah ingin mendeskripsikan kontribusi motivasi dan iklim komuniksi kelas terhadap mutu hasil belajar kimia pada peserta didik SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten
Populasi sebanyak 450 siswa, untuk try out sebanyak 30 siswa, dan sampel sebanyak 210 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket yaitu motivasi (X1), iklim komunikasi kelas (X2), dan hasil belajar kimia (Y). Uji instrumen validitas menggunakan rumus Spearman Brown dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Cronbach, dan memenuhi syarat valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan rumus normalitas, linieritas, Multicollinearity, regresi linier berganda, uji F, dan uji t.

Oleh :
SRI SUPENI KAPTI
MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008

COVER

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Sekolah sering dijadikan tumpuan utama masyarakat dalam menilai berhasil tidaknya pendidikan. Keberhasilan atau prestasi belajar siswa hanya sering dilihat sebagai kesuksesan dan keunggulan pihak sekolah semata. Sebaliknya, kegagalan atau rendahnya kualitas siswa sering dilihat sebagai ketidakmampuan pihak Sekolah menyelenggarakan proses pendidikan. Dengan kata lain masyarakat banyak beranggapan bahwa sekolah adalah “couse prima” kualitas pendidikan.

B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
A. Kajian Teori
1. Hasil Belajar
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I, Pasal 1, ayat 4, disebutkan bahwa peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
Lebih lanjut, Bab IV, Bagian Kesatu, Pasal 5 menyebutkan bahwa (1) Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu; (2) Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus; (3) Warga negara di daerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat adat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan layanan khusus; (4) Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus; (5) Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat. Pasal 6, menyebutkan bahwa (1) Setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar; (2) Setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan

2. Motivasi
3. Iklim Komunikasi
B. Penelitian Terdahulu
C. Kerangka Berpikir
D. Perumusan Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Pendekatan Penelitian
Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptitf kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, meskipun juga berupa data kualitatif sebagai pendukungnya, seperti kata-kata atau kalimat yang tersusun dalam angket, kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informan.

B.Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi, Sampel dan Sampling
D. Metode Pengumpulan Data
E. Definisi Operasional Variabel Penelitian
F. Instrumen Penelitian
G. Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.Hasil Penelitian
Diskripsi hasil penelitian ini didasarkan pada skor dari kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan iklim komunikasi terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten.
Hal ini ditampilkan dalam bentuk skor rata-rata/mean, median, modus, simpangan baku/standar deviasi, nilai terendah/minimum, dan nilai tertinggi/maximum.

B. Pembahasan

BAB V KSEIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang motivasi dan iklim komunikasi kelas berdampak terhadap hasil belajar kimia pada peserta didik SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Ada kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dan iklim komunikasi kelas secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,01. Hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0,483 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (motivasi belajar dan iklim komunikasi kelas) dapat menerangkan variasi variabel dependen (hasil belajar kimia) dengan kontribusi 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% diterangkan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut
Y= 25,813 + 0,373 X1 + 0,305 X2.

B. Implikasi
C. Saran

Daftar Pustaka

LAMPIRAN
LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
LAMPIRAN 4
 
 
   
 
>> KONTRIBUSI BUDAYA MASYARAKAT DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO KLATEN
>> POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 CAWAS KABUPATEN KLATEN
>> KONTRIBUSI FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO KABUPATEN KLATEN
>> PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) (Suatu Kajian Penguatan Kapasitas LMDH dan Peningkatan Efektivitas PHBM di Desa Glandang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang)
>> MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MENCARI INFORMASI DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN KEMAMPUAN BERAPRESIASI DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN
>> KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI I KLATEN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
>> STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI KERJA APARATUR DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN SINGKAWANG TENGAH)
>> PENGEMBANGAN SILABUS DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 KLATEN
>> DAMPAK INDUSTRIALISASI PERTANIAN TERHADAP KINERJA SEKTOR PERTANIAN DAN KEMISKINAN PERDESAAN : MODEL CGE RECURSIVE DYNAMIC
>> STUDI TENTANG KEPUASAN SISWA DITINJAU DARI UNJUK KERJA GURU, FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KESELAMATAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL
>> DAMPAK KEBIJAKAN MIGRASI TERHADAP PASAR KERJA DAN PEREKONOMIAN INDONESIA
>> DINAMIKA KOMUNITAS MEIOFAUNA INTERSTISIAL DI PERAIRAN SELAT DOMPAK KEPULAUAN RIAU
>> MODEL PENGEMBANGAN WILAYAH DENGAN PENDEKATAN AGROPOLITAN (STUDI KASUS KABUPATEN BANYUMAS )
>> KAJIAN TINGKAH LAKU, DISTRIBUSI DAN KARAKTER SUARA LUMBA-LUMBA DI PERAIRAN PANTAI LOVINA BALI DAN TELUK KILUAN LAMPUNG
>> ADSORPSI ION Cr3+ OLEH SERBUK GERGAJI KAYU ALBIZIA (Albizzia falcata): Studi Pengembangan Bahan Alternatif Penjerap Limbah Logam Berat
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online