UNIVERSITAS TRILOGI BERBASIS TEKNOPRENEUR

  • test

Kemarin, dengan restu Kementerian Pendidikan Nasional RI, yang diwakili oleh Bapak Menteri dan Bapak Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI, rancangan pendirian suatu universitas baru bernama Universitas Trilogi berbasis Teknopreneur diumumkan secara resmi di Jakarta.

Dr. (HC) Subiakto Tjakrawerdaja pimpinan Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapindo) Jakarta yang bersama Team khususnya merancang pengembangan Universitas ini dengan menggandeng tenaga ahli dari Institute Teknologi Bandung (ITB) dan segera bekerjasama dengan Institute Pertanian Bogor (IPB), berbagai perguruan tinggi lain serta lembaga masyarakat seperti Taman Buah Mekar Sari dan lainnya untuk menanggapi kebutuhan masa depan bangsa secara profesional dan hati-hati.
Dijiwai semangat UUD 1945 dan Pancasila, Universitas Trilogi akan mendorong, memberi dukungan kepada dan mengembangkan budaya yang kondusif agar setiap mahasiswa nyaman belajar secara kolaboratif melalui kelompok kecil sampai akhirnya mampu mengembangkan usaha-usaha ekonomi dalam bidang pertanian, pangan, industri dan perdagangan dalam usaha bersama yang kolaboratif dan sanggup menanggapi pasar berskala dunia yang penuh tantangan. Melalui kerja kolaboratif antara para mahasiswa, dosen dan ahli-ahli lapangan dari kalangan industri, para mahasiswa didorong mengembangkan inovasi teknologi untuk mengangkat kearifan lokal yang memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat banyak. Disamping itu para mahasiswa dengan dukungan dosennya didorong menciptakan teknologi yang mampu mendongkrak peningkatan produktifitas kekayaan alam yang secara melimpah dimiliki bangsa Indonesia menjadi andalan dunia.

Dalam hubungan ini Universitas Trilogi bercita-cita menggalang kerjasama yang erat dan saling menguntungkan bersama perguruan tinggi lain serta bersinergi bersama tenaga ahli dari berbagai industri dan dunia usaha pada umumnya. Para dosen dan tenaga akademis diharapkan bersifat proaktif menjemput bola menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan semangat kolaboratif bersama rekan-rekan dari dalam maupun luar negeri untuk memajukan persaudaraan dunia. Universitas Trilogi juga mengharapkan adanya kuliah bersama perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri untuk merapatkan sinergi yang menguntungkan semua kalangan.

Agenda kolaborasi juga dikembangkan dalam cakupan yang sangat luas meliputi antara lain agenda Riset, Praktikum, penggunaan atau bahkan tukar menukar bahan Riset serta bahan Praktikum. Akan diusahakan kolaborasi dalam mengembangkan proses dan jadwal Riset dan Praktikum agar nenghasilkan keluaran yang tepat tanpa hambatan serta membawa manfaat untuk ikut memajukan negara dan kesejahteraan bangsa. Untuk itu, tenaga mahasiswa dan dosen, seirama dengan keahlian masing-masing, akan menjadi bagian dari upaya kolaborasi yang kental dan jujur semata untuk mendorong keberhasilan yang membawa manfaat kepada kemajuan bangsa, negara dan rakyat banyak. Dengan model kolaborasi tersebut diharapkan Universitas Trilogi akan menghasilkan lulusan yang mampu membangun Super-Team yang peduli terhadap sesama anak bangsa dan mengangkatnya dalam kolaborasi yang saling menguntungkan agar kearifan dan kekayaan lokal bisa diangkat kepermukaan dengan penuh kebanggaan. (Prof. Dr. Haryono Suyono, Ketua Yayasan Damandiri).