ROADSHOW MDGs

Oleh:

Prof Haryono Suyono

Mulai awal bulan ini Yayasan Damandiri bersama beberapa mitra kerjanya mengadakan Roadshow untuk mengingatkan masyarakat agar bahu membahu mensukseskan pembangunan berkeadilan berdasarkan Instruksi Presiden RI nomor 3 tahun 2010. Roadshow ini akan dilakukan utamanya di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta dan daerah-daerah lain yang selama ini telah mulai mengembangkan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) pada tingkat pedesaan dan pedukuhan. Tujuannya tidak lain adalah mengajak semua kalangan, utamanya masyarakat dan keluarga Indonesia, yang jumlahnya telah melebihi 60 juta untuk bekerja keras membangun keluarga sejahtera yang unggul dan mandiri.

Di DKI Jakarta, Roadshow itu dilakukan dan dipimpin langsung oleh Ibu Tatiek Fauzi Bowo yang untuk kedua kalinya, selaku Ketua Umum Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, mengajak seluruh masyarakat dan keluarga di DKI Jakarta, utamanya yang tergabung dalam gerakan PKK meningkatkan kinerjanya, termasuk membentuk Forum Komunikasi Pemberdayaan Keluarga (Rukodaya), yang di daerah lain dinamakan Pos Pemberdayaan Keluarga atau Posdaya. Di daerah yang dikunjunginya, sesuai Inpres nomor 3 tahun 2010, masyarakat didorong aktif bekerja keras membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera. Melalui kunjungan tersebut, semua SKPD diajak memfasilitasi berbagai kegiatan pembangunan, utamanya sesuai dengan sepuluh program pokok PKK yang dalam Rukodaya dibicarakan dan dipadukan sehingga upaya pengentasan kemiskinan dapat dilaksanakan secara gotong royong.

Di Jawa Timur, menurut informasi dari Pimpinan LPM UNESA, Dr. Andun Sudijantoko, Mkes, Roadshow dimulai dari Kabupaten Tuban dengan menggelar peningkatan kinerja Posdaya yang telah dibentuk disertai langkah-langkah strategis untuk lebih mendorong kreatifitas masyarakat secara luas. Roadshow juga akan dilakukan di Surabaya dan kota-kota lainnya. Bersama dengan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur telah pula diadakan pertemuan dan pencerahan kepada tidak kurang dari 450 peserta pelatihan yang berasal dari seluruh Indonesia tentang pembangunan berkeadilan yang penilaiannya didasarkan pada indikator MDGs maupun indikator lain yang ditetapkan berdasarkan Inpres nomor 3 tahun 2010.

Kemarin juga telah diadakan pertemuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dipimpin oleh Rektornya Prof. Dr. Imam Suprayogo yang secara kebetulan dihadiri oleh Ibu Titiek Soeharto yang sebelum menggelar pertemuan yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharmais di Blitar sempat mampir menyaksikan kegiatan pemberdayaan untuk pengentasan kemiskinan. Pertemuan itu secara khusus melihat keberhasilan pengembangan Posdaya berbasis Masjid yang diselenggarakan oleh Tim LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersama berbagai perguruan tinggi lain di Jawa Timur.

Di Jawa Tengah sedang dirancang Roadshow oleh Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Sudiyono Sastroatmodjo, bersama Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Sudharto dan jajaran pemerintah kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Apabila tidak ada kesibukan yang mendesak, Menko Kesra RI, Dr. Agung Laksono, telah menyatakan kesediaannya untuk ikut hadir dan memberikan sambutan pada pertemuan Roadshow bersama para aktifis Posdaya dan masyarakat Jawa Tengah tersebut. Disamping di Semarang, direncanakan pula akan digelar Roadshow lainnya di Purwokerto dan daerah lain di eks Karesidenan Surakarta.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Yogyakarta dan sekitarnya dengan tujuan memberikan apresiasi kepada partisipasi masyarakat yang telah ikut membangun dengan gegap gempita. Disamping itu, di Jawa Barat, kegiatan serupa telah dilangsungkan di Karawang, Tasikmalaya dan Cianjur. Mudah-mudahan segera menyusul pula kegiatan serupa di Kota atau Kabupaten Bandung yang merupakan daerah dengan jumlah keluarga yang relatif padat. Upaya memicu pengentasan kemiskinan dan pembangunan keluarga sejahtera adalah tanggung jawab kita bersama. (Prof. Dr. Haryono Suyono, Mantan Menko Kesra dan Taskin).